Olahraga Cardio Berlebihan

 Halo! Kalau kalian pernah baca post sebelumnya tentang workout routine ku di tahun lalu mungkin ada beberapa yang menganggap kalo itu terlalu banyak? Dan I did it anyway. A quick recap aja, rata-rata aku olahraga per harinya 2-2,5 jam. 0,5-1 jam P.volve yang bisa masuk kategori resistance training, lalu 0,5-1 jam cardio, dan sekitar 30 menit yoga. Aku lakuin routine ini selama berbulan-bulan pas masa corona karena sebelum ada lockdown aku selalu ke gym sehari bisa ikut 2-4 kelas yang rata-rata per kelas 50 menit, jadi aku ngerasa my routine was okay, tapi ternyata engga begitu lol.

Ceritanya mulai tahun lalu, di bulan Juni 2021. Aku ngerasa rutinitasku sebenarnya ga terlalu ekstrim, dan penyebabnya juga mugkin masih belum pasti, tapi ini kegiatan olahragaku menuju aku mengalami chest pain 

11 - 13 Juni : ga olahraga sama sekali karena lagi ke luar kota

14 Juni : olahraga sekitar 2 jam 15 menit, terdiri dari P.volve, Bodycombat, dan workout Pamela sedikit

15 Juni : olahraga hampir 2 jam, 24 menit cardio Pamela, dan 70 menit P.volve

16 Juni : ga olahraga karena ada acara

17 Juni : GRIT cardio, abs Pam dan Pvolve, totalnya sekitar 2 jam 15 menit

18 Juni : cape tapi tetep Bodycombat, HIIT Pam, dan 13 menit P.volve

Mulailah habis workout tanggal 18 ini badan kerasa gaenak. Kalo gasalah di tanggal segitu workout selesai sekitar sore, dan habis workout, makan, terus mandi. Habis mandi itu badan rasanya lemes dan gaenak. Sebenernya aneh, soalnya biasanya kalo habis cardio itu harusnya rasanya seger karena jantung habis dag dig dug kan wkwk. Ini rasanya di dalem badan panas, tapi kalo badan dipegang suhunya normal. Terus sebelum maghrib tiba-tiba gusi kaya bengkak akhirnya gabisa makan dan cuma minum protein shake gitu. Habis itu sholat maghrib, tiduran nunggu isya, sholat isya, terus nyoba tidur. Pas ini tenggorokan rasanya sakit terus waktu tiduran kan diem, itu rasanya badan mengeluarkan hawa panas, aneh banget rasanya ga nyaman.

Hari Sabtu nya bangun-bangun badan rasanya mending, uda ga kerasa panas tapi masih agak cape. Di hari ini mulai kerasa tightness di dada. rasanya tuh kaya ada sesuatu yang wrap my chest tightly gitu, jadi agak susah napas.

Next day nya lagi hari Minggu, badan rasanya udah enakan, uda ga begitu cape, tapi tightness di dada semakin menjadi-jadi. Di hari ini bener-bener gabisa take a deep breath, like AT ALL. Kalau aku coba napas dalem itu rasanya kaya ada pisau yang nusuk dada, semakin dalem napasnya semakin dalem tusukannya, jadi ga berani coba-coba juga buat napas dalem-dalem. Nah karena gabisa napas banyak-banyak akhirnya respon tubuh adalah yawning, parahnya lagi aku gabisa nguap juga kan, soalnya yawning itu kan sebenernya another way to breathe deep, akhirnya kalo nguap gitu aku nguapnya pelan-pelan kaya patah-patah gitu, aneh banget, soalnya kalo nguap beneran itu sakit dadanya. Terus misal dari duduk ke tiduran itu juga rasanya jantung butuh adjustment dulu, jadi harus pelan-pelan. Dan tiduran miring itu juga gabisa, karena jantungnya rasanya tertekan gitu. Aku gatau itu sebenernya apa yang terjadi karena aku ga sampe ke dokter pas ngalamin ini, tapi rasanya tuh kaya misal jantung punya ruang dalam tubuh kita buat berdetak, pas berdetak ini kan dia kembang kempis gitu jadi kaya ada ruang di sekitarnya untuk dia kembang-kempis. Nah ini rasanya kaya jantungnya itu bengkak, jadi ruang yang harusnya cukup buat dia kembang-kempis ini gamuat karena pas ngambil napas kan paru-paru membesar, jadi jantungnya kaya tertekan itu makanya rasanya engap.

Hari Senin, sangat-sangat merasa lebih baik. Udah bisa lumayan napas dalem tapi ga dalem banget, kalo terlalu dalem masih sakit dadanya. Di hari ini aku ngerasa cepet cape dan rasanya mau makan terus. Walau gabisa makan dengan bebas karena gusi masih bengkak dari hari Jum'at. Semakin malem semakin bisa napas lebih dalem. Ohiya dari hari Sabtu sampe Senin ini aku ga olahraga sama sekali.

Hari Selasa, udah baikan, udah bisa napas sangat dalam. Di hari ini aku mulai olahraga lagi, cuma yoga sebentar, dan kerasa ternyata aku masih agak sore di beberapa bagian tubuh.

Hari Rabu, rasa sakit di dada udah completely gone dan akhirnya memberanikan diri workout P.volve yg super slow selama 30 menit. Ohiya, sebelum aku mengalami chest pain ini aku ga begitu banyak makan karbo, tapi selama 4-5 hari ini aku mulai banyakin karbo.

Hari Kamis, aku mulai mencoba cardio lagi, tapi cardio burn nya P.volve aja. Workout ini ga begitu intense, karena HR ku cuma naik sampe sekitar 120 bpm. Di hari ini juga I got my second vaccine dan alhamdulillah gaada efek samping. 

Hari Jum'at, mulai beraniin lagi cardio mix strength, max HR di sesi ini nyampe 166 bpm, tapi secara keseluruhan dalam 1 jam rata-rata HR cuma 117 bpm.

Sabtu, 15 menit P.volve dan mulai berani Bodycombat lagi. Jantung rasanya aman, rata-rata Bodycombat ku sebelumnya itu biasanya avg. HR nya 140-an bpm dengan kalori yg terbakar 400 an kcal, tapi untuk sesi ini avg. HR nya 136 bpm dan total calories burned nya 381. Walau ga beda jauh banget sama sebelumnya dan gasakit lagi dadanya tapi ada saat-saat pas workout yang rasanya out of breath gitu. Sore nya I got my wisdom teeth removed dan karena itu dokter nyaranin untuk ga melakukan aktivitas berat selama 24 jam kedepan, jadi sampai minggu skip olahraga.

Setelah hari-hari itu aku mulai lagi olahraga tapi ga se intense dulu dan ga selama dulu, pelan-pelan cardio lagi, kadang di tengah-tengah sesi suka dada kiri tiba-tiba sakit, tapi terus dilanjut dan ok ok aja.

Long story short habis kejadian ini aku mulai mengurangi olahraga cardio dan lebih ke strength. Sekarang rata-rata aku olahraga dalam sehari adalah 30-1,5 jam. Untuk cardio sendiri sekarang lagi nyoba merutinkan lari 1-3x seminggu, selain itu paling cuma P.volve cardio burn. Untuk cardio dari Les Mills kaya Bodycombat, Grit, dsb udah jarang. Sejak kejadian ini juga aku untuk makan agak lebih bebas dan mulai banyak makan karbo, dan alhasil berat badanku udah mentok di angka 51-53 kg aja. dan badan juga ga beda jauh dari dulu sampai sekarang, semua baju masih cukup, dsb.

Jadi, sebenernya cuma mau sharing itu aja sih, workout routine dan diet ku udah berubah dan honestly I feel better. Meski begitu, aku masih mau coba push my limits sih untuk jadi stronger, tapi seengganya aku paham kalo tubuh minta istirahat it's ok, I won't lose my progress after giving myself a few days off karena ini emang adalah a lifetime journey hehe.

Comments